CCTV Itu Penting

Kapolres Cilegon, AKBP Umar Surya Fana mengimbau agar pengusaha minimarket memasang kamera Closed Circuit Television (CCTV) di setiap sudut strategis tempat usahanya, terutama minimarket yang buka selama 24 jam. Hal itu dilakukan demi keamanan dari tindak kriminal perampokan yang belakangan sering meresahkan. Umar mengaku telas melayangkan surat imbuan itu kepada pengusaha minimarket yang ada di Cilegon.


Kepada wartawan, Senin (6/2) Umar mengatakan, CCTV sangat dibutuhkan untuk merekam tindak kejahatan. “Kasus perampokan yang terjadi di minimarket di wilayah Kecamatan Jombang beberapa waktu lalu juga dapat dibekuk dari hasil indetifikasi CCTV supermarket itu,” terang Umar.

Menurutnya, harus diarahkan di beberapa titik strategis seperti tempat parkir dan halaman minimarket. Untuk menyiasati pelaku kriminal yang mengenakan helm, maka CCTV juga perlu ditempatkan di titik yang bisa memperlihatkan wajah pelaku kriminal. “Karena biasanya para pelaku menggunakan helm untuk menutupi wajahnya,” kata Umar.

Guna menciptakan rasa aman kepada para pengusaha minimarket dan masyarakat, lanjutnya, Umar juga mengaku telah mengintruksikan kepada anggota Polres Cilegon untuk melakukan patroli ke setiap minimarket yang berada di titik strategis dan membuka usahanya selama 24 jam. “Itu salah satu langkah upaya kami dalam mengamankan masyarakat dari tindak kriminal,” teranganya.

Kepada masyarakat Cilegon Umar meminta agar segera melaporkan ke pihak kepolisian terdekat jika mengetahui sesuatu yang mencurigakan atau ada tindak kriminal di wilayahnya. “Jangan segan, segera laporkan kepada kami. Pasti kami akan langsung terjun ke lapangan,” tandasnya.

Diketahui, minimarket di Cilegon hampir merata di setiap kecamatan. Jumlahnya mencapai puluhan bahkan ratusan. Namun belum semua minimarket itu dilengkapi dengan CCTV, sehingga perlu kesadaran pemilik usaha agar memasang CCTV tersebut.(MAN).

Sumber : www.bantenpos-online.com